Sunday, October 13, 2013

Pengertian dan Fungsi Bisnis TI

Pengertian bisnis teknologi informasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.

Dimana pengertian bisnis itu sendiri adalah sebagai berikut:
  • Bisnis dalam arti luas merupakan istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bisnis yaitu suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
Fungsi bisnis dibagi menjadi 2, yaitu:
  1. Fungsi Mikro (kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung)
  2. Fungsi Makro (kontribusi terhadap pihak yang tidak berperan langsung)
Untuk fungsi mikro, dapat dipandang sebagai kemampuan aktivitas bisnis dalam memberikan kontribusinya kepada pihak-pihak yang berperan secara langsung.
Contoh dari fungsi mikro yaitu: 
- Karyawan/pekerja
- Dewan komisaris
- Pemegang saham
Salah satu maksud dari contoh diatas adalah karyawan/pekerja pasti menginginkan penghasilan yang layak dari hasil yang dia kerjakan. Sementara manajer atau atasan menginginkan karyawan/pekerja yang memiliki kinerja yang baik yang ditunjukkan oleh besarnya omset penjualan.

Untuk fungsi makro, dapat dipandang sebagai kemampuan aktivitas bisnis dalam memberikan kontribusinya kepadapihak-pihak yangterlibat secara tidak langsung.
Contoh dari fungsi makro yaitu:
- Masyarakat
- Bangsa dan negara
Maksud dari contoh diatas adalah tanggung jawab masyarakat kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.

Didalam fungsinya, teknologi informasi melakukan berbagai fungsi diantaranya dari menginstall aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan database informasi. beberapa tugas yang dilakukan oleh teknologi informasi mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvesional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi.

Sumber:

1 comment: